SURYA.CO.ID, KOTA KEDIRI - Selama setahun terakhir, transparansi yang diterapkan Pemkot Kediri telah terbukti mendapat respons besar dari masyarakat. Tercatat sudah ada ribuan warga mengadukan persoalan ke Surga lewat empat saluran resmi pengaduan yang disediakan pemkot.
Dan sebagian besar pengaduan itu, telah berhasil ditangani. Sebagai catatan, Surga ini adalah akronim dari Suara Warga yang menerima pengaduan dari masyarakat berupa tautan surga.kedirikota.go.id dan SMS ke nomor 1708.
Selain itu, sejak awal masa pandemi Covid-19 di Kota Kediri, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyediakan saluran pengaduan tambahan melalui call center Covid-19 di nomor (0354) 2894000 dan Whatsapp di nomor 08113787119.
Kepala Dinas Kominfo Kota Kediri, Apip Permana mengatakan, pada 2021 Pemkot Kediri berhasil menindaklanjuti ribuan aduan dari berbagai saluran resmi yang disiapkan. “Berdasarkan hasil rekapitulasi periode 1 Januari 2021 hingga 31 Desember 2021, kami berhasil menangani 1.114 aduan melalui website Surga dan SMS sebanyak 11 aduan,” ungkap Apip, Selasa (29/3/2022).
Mengenai selisih yang terpaut jauh antara layanan aduan melalui website dan SMS, karena saat ini banyak masyarakat yang sudah beralih ke layanan yang terintegrasi ke internet.
“Di era revolusi industri 4.0 ini, banyak masyarakat kita yang melek teknologi karena dinilai lebih praktis dan murah. Namun kami sediakan layanan SMS untuk menjangkau masyarakat yang mungkin masih belum familiar dengan teknologi internet,” jelasnya.
Untuk aduan melalui layanan Surga didominasi permintaan layanan warga kepada OPD Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ada 490 aduan, diikuti Dinas Kominfo 247 aduan, Dinas Kesehatan 95 aduan, Dinas Sosial 64 aduan dan Satpol PP 35 aduan.
“Puncak aduan melalui Surga ada pada Juni, yakni sebanyak 189 aduan. Hal ini dikarenakan merebaknya Covid varian delta,” ungkapnya.
Sedangkan untuk layanan Call Center Covid-19 sejak awal Covid-19 sampai dengan 9 November 2021 sebanyak 5.962 aduan. “Mayoritas masyarakat banyak memanfaatkan jalur WhatsApp untuk melakukan pengaduan sebesar 86 persen dibandingkan melalui hotline (0354) 2894000,” ujar Apip.
Sementara untuk pertanyaan melalui call center Covid-19 Kota Kediri, didominasi dengan layanan permintaan ambulans, perkembangan peraturan PPKM Mikro, dan layanan vaksinasi.
“Alhamdulillah, semua aspirasi masyarakat Kota Kediri dapat tertampung dan terselesaikan dengan baik, meskipun aduannya merupakan kewenangan pemerintah propinsi dan pusat. Layanan aduan Surga telah terintegrasi satu arah dengan aplikasi LAPOR dan proses pengajuan juga terintegrasi dua arah,” jelasnya