Si Jamal Bagi Sembako Kepada Juru Parkir Kota Kediri

informasi | 16/04/2020

"Alhamdulillah, ini bisa menyambung kebutuhan makan sekitar 2-3 hari. “ucap syukur ini diungkapkan Suwito (52)  salah seorang penerima paket bahan pokok  dari Si Jamal hari ini, Kamis (16/4). “Ini sangat berarti.” Lanjut Suwito berkaca-kaca. 

Ya, Suwito bersama  216 juru parkir di Kota Kediri mendapatkan bantuan sembako yang berisi beras, telur, kecap, dan minyak goreng. Selain menerima sembako, para jukir juga menerima masker serta tambahan pengarahan untuk tetap memakai masker dan sering cuci tangan oleh petugas dari Si Jamal.  

Rasa syukur juga disampaikan oleh Khoirul Anwar, seorang jukir yang bertugas di Jalan Patimura. “Sebelum ada corona biasanya satu kali shift saya bisa mendapatkan 50.000, kalau sekarang dapat 10.000 atau 20.000 sudah sangat disyukuri,” ujarnya. Keluhan Khoirul sama dengan jukir yang lain, “Jarang sekali ada kendaraan yang berhenti untuk parkir”, dengan demikian penghasilannya juga menurun drastis.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Sosial Kota Kediri Ir. Triyono Kutut P. MM.,  mengatakan bantuan dari Si Jamal ini diprioritaskan untuk warga Kota Kediri yang benar-benar membutuhkan di tengah pandemi Corona, termasuk juru parkir di Kota Kediri. “ Selama Covid, penghasilan mereka sangat berkurang, karena masyarakat lebih memilih beraktifitas di rumah sehingga berdampak pada pemasukan retribusi parkir,” ujarnya. “Sejak adanya wabah corona ini, masyarakat sudah sedikit yang keluar rumah, jadinya retribusi parkir juga menurun drastis,” imbuhnya.

Ratusan paket bahan pokok hasil donasi warga yang dikumpulkan lewat Si Jamal (Sinergi untuk Jaring Pengaman Sosial). Si Jamal ini adalah gabungan dari lembaga-lembaga amal resmi Pemerintah Kota Kediri. Selama Pandemi Covid, Pemkot Kediri membuka donasi yang kemudian akan disalurkan kepada orang yang membutuhkan. 

Sebelumnya, melalui Si Jamal, donasi dari masyarakat ini telah disalurkan di berbagai kalangan seperti bantuan bahan makanan bagi warga yang diisolasi, bantuan sembako bagi tukang becak dan sopir angkot, dan lain sebagainya. 

Pemkot menggandeng lembaga amal, yakni Baznas (Badan Amal Zakat Nasional), Rumah Zakat, Yatim Mandiri, BMH (Baitul Maal Hidayatullah), NH (Nurul Hayat), LMI, Sahabat Mustahiq, dan Al Haromain. Sasaran pemberian bantuan ini adalah warga Kota Kediri yang membutuhkan di tengah pandemi Covid-19.

(Dinas Kominfo Kota Kediri)