BPBD Kota Kediri Beri Pelatihan Warga Apartemen Rakyat Kota Kediri

informasi | 06/11/2019

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri menggelar latihan penanggulangan bencana. Pelatihan ini diikuti oleh puluhan peserta dari warga Apartemen Rakyat di Apartemen Rakyat Kota Kediri.


Kepala BPBD Kota Kediri Syamsul Bahri mengungkapkan, pelatihan digelar selama tiga hari mulai 9-11 November 2019. Pemateri dari pelatihan menghadirkan dari Badan Sar Sampoerna Rescue. Para peserta ini tidak hanya teori tetapi langsung praktik di lapangan.


”Pelatihan penanggulangan bencana. Terutama teknik penyelamatan ketinggian dan turunan untuk menolong korban. Harapannya ketika ada bencana terutama kebakaran, relawan ini mempunyai pengetahuan dan keterampilan untuk digunakan sewaktu-waktu,” terangnya.
Pada hari pertama, Samsul menjelaskan para peserta akan diberi materi secara teori dan games-games melatih konsentrasi. Di hari kedua, mereka mendapatkan pelatihan dati Tim SAR Sampoerna Pasuruan penyelamatan dari gedung tinggi dengan menggunakan tali. Dan di hari terakir, para peserta diberi bekal Basic Life Support atau pemberian nafas buatan oleh Dinas Kesehatan Kota Kediri.