Identifikasi Lonjakan Harga Melalui Sidak Pasar

informasi | 04/04/2019

Menindaklanjuti rapat koordinasi di Barenlitbang membahas lonjakan harga beberapa komoditas pangan pada hari Selasa (2/4) yang lalu.

Pagi tadi, Kamis (4/4) Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperdagin) Kota Kediri bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Kediri menggelar sidak ke Pasar Pahing dan Setonobetek untuk mengidentifikasi secara langsung penyebab naiknya harga bawang merah dan bawang putih.

Dari sidak tersebut, secara umum diketahui bahwa kenaikan harga beberapa minggu terakhir disebabkan berkurangnya suplai komoditas pangan akibat curah hujan yang tinggi sehingga kualitas hasil panen menjadi buruk bahkan rusak. Selain itu, keputusan para petani di sentra produksi bawang merah beralih menanam padi selama musim penghujan juga turut andil dalam turunnya persediaan komoditas di pasar.

Tampak dalam sidak tersebut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Enny Endarjati, Kepala Disperdagin Hj. Yetty Sisworini serta perwakilan dari OPD terkait seperti BPS Kota Kediri, KPw Bank Indonesia Kediri, Barenlitbang, Bagian Perekonomian, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Bulog Kediri, PD Pasar Joyoboyo serta tim Satgas Pangan.