Kendalikan Lonjakan Harga Bawang Merah Dan Putih, Operasi Pasar Murni Digelar Di Tiga Titik

Berita SKPD | 25/04/2019

Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian bersama dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah hari ini (25/4/2019) gelar operasi pasar. Kegiatan ini dilancarkan untuk menyikapi lonjakan harga bawang merah dan bawang putih. 

Hingga kemarin (24/4), update harga bawang merah dan bawang putih untuk wilayah Kota Kediri berada di level Rp 40.000,- dan Rp 44.000,- per kilogramnya. Lonjakan ini tentu membuat masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga dilanda keresahan. Oleh karena itu, demi menanggulangi hal itu, operasi pasar ini dilakukan.

Kegiatan ini dilaksanakan di tiga titik yang tersebar dimasing-masing kecamatan. Untuk wilayah Pesantren digelar di depan lapangan Gajahmada, kemudian kecamatan Kota dilaksanakan di depan taman makam pahlawan sedangkan untuk wilayah mojoroto digelar di depan taman sekartaji.

Pemkot Kediri sediakan total 200 kg dimasing-masing titik. Benar saja, mengetahui hal ini masyarakat tampak mengerumuni lapak operasi pasar murni ini. Bagaimana tidak, per-kg nya dijual dengan setengah harga. Bawang putih 24.000,-/kg sedangkan bawang merah 27.000,-/kg. Bawang merah dan bawang putih ini dijual dalam bungkusan setengah kilogram.

Lilies, salah satu warga Kota Kediri yang kebetulan ditemui setelah membeli bawang merah dan bawang putih mengatakan bahwa kegiatan ini sangat menguntungkan pihaknya sebagai ibu rumah tangga dan wanita karir.

“Sangat menguntungkan sekali, apalagi untuk menanggulangi lonjakan harga seperti saat ini”, ungkapnya.

Operasi pasar murni ini akan dilaksanakan sampai besok, dimulai pukul 08.30 dan dilaksanakan di titik yang sama seperti hari ini. Disamping itu Disperdagin dan TPID Kota Kediri juga lakukan sidak pasar untuk memantau pasokan akan komoditas ini. Sidak inI rencananya akan dilaksanakan di Pasar Grosir, Ngronggo. (ym)