Kota Kediri, Menuju Kota Lengkap lewat PTSL

10 January 2019

Belum adanya jaminan kepastian hukum atas tanah sering kali memicu terjadinya sengketa dan perseteruan atas lahan di berbagai wilayah di Indonesia. Selain di kalangan masyarakat, baik antarkeluarga, tak jarang sengketa lahan juga terjadi antarpemangku kepentingan (pengusaha, Badan Usaha Milik Negaradan Pemerintah). Hal itu membuktikan pentingnya sertipikat tanah sebagai tanda bukti hukum atas tanah yang dimiliki. 

Mengacu pada masalah itulah, dibentuk Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Di Kota Kediri sendiri, PTSL sudah diadakan sejak tahun 2016.
PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak bagi semua obyek Pendaftaran Tanah di seluruh wilayah Republik Indonesia dalam satu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu. Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

Tahun ini, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kediri kembali menggelar rapat koordinasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) menuju Kota Kediri kota lengkap, Kamis (10/1). Hadir dalam rakor tersebut Wakil Walikota Kediri, Lilik Muhibbah, perwakilan Kapolres, Kasdim 0809, perwakilan Kajari, lurah, camat dan OPD di lingkungan Pemkot Kediri.

Hasil dari rakor ini, nantinya akan menjadi dasar untuk digelarnya penyuluhan  PTSL pada masyarakat di setiap kelurahan, dengan harapan masyarakat dapat mengerti cara pengurusan PTSL.

Yerry Agung Nugroho, kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kediri, mengungkapkan bahwa sejak dibentuknya PTSL 2 tahun lalu, sudah ada 92.814 yang terdaftar atau memiliki sertifikat, dari total petak tanah Kota Kediri sebesar 93.814. "Masih ada sekitar 1000 bidang tanah yang belum bersertifikat. Inilah yang menjadi PR BPN untuk diselesaikan," ujar Yerry.

Peningkatan signifikan ini membuat Kota Kediri mendapat urutan 9 Nasional, dengan persentase 98,95 dari seluruh petak tanah yang sudah terdaftar di BPN.

Pada kesempatan tersebut Yerry juga mengucapkan terimakasih pada Pemkot Kediri yang sudah ikut mensukseskan acara hari ini, serta memberikan dukungan dalam mensuksesnya PTSL.

Jalan Basuki Rahmad No.15, Pocanan, Kota Kediri, Jawa Timur 65146

(0354) 682955

kediri@kedirikota.go.id