Produk Unggulan

Pemerintah Kota Kediri telah mencanangkan Tri Bina Kota sebagai landasan pembangunan yang meliputi bidang pendidikan, perdagangan serta jasa dan industri. Dengan berpijak pada landasan tersebut, Pemerintah Kota Kediri berkomitmen untuk memajukan sektor perindustrian secara aktif dengan memperkuat daya dukung bagi pembangunan industri sebagai salah satu basis penguatan ekonomi lokal yang handal.

Sebagai wilayah yang merupakan salah satu pemerintah kota yang ada di wilayah Provinsi Jawa Timur, Kota Kediri dijadikan wilayah pengembangan kawasan lereng Gunung Wilis, dan sekaligus sebagai pusat pengembangan regional eks Wilayah Pembantu Gubernur Wilayah III Kediri yang mempunyai pengaruh timbal balik dengan daerah sekitarnya, termasuk sektor perindustrian dan perdagangan.

Dengan kedudukannya sebagai kawasan perkotaan yang sedang berkembang, di Kota Kediri terdapat banyak unit-unit usaha industri dengan skala usaha yang bervariasi, meliputi industri besar, menengah dan kecil. Industri-industri besar yang ada di Kota Kediri bergerak di bidang industri gula dan rokok. Sedangkan untuk Industri Kecil dan Menengah (IKM) sebagian besar bergerak dalam produksi makanan serta pengolahan hasil pertanian.

Tema sentral yang mengemuka dalam pembangunan sektor perindustrian di Indonesia adalah program pengembangan kompetensi inti daerah sebagai upaya mendorong terciptanya produk berkelas global dengan mengoptimalkan sumber daya dan budaya lokal sehingga tetap mempertahankan karakteristik khas suatu daerah. Untuk itu, langkah untuk melakukan sosialisasi komoditas unggulan IKM kepada masyarakat merupakan rintisan awal yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Kediri untuk merumuskan konsep kompetensi inti daerah dalam rangka membangun daya saing menuju kemandirian perekonomian.

 

Komoditas Unggulan IKM Kota Kediri

Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di era global, para pelaku IKM dituntut untuk mampu menghasilkan produk yang berkualitas dan memiliki karakteristik yang khas sehingga memiliki keunggulan dibandingkan produk-produk kompetitor. Beberapa komoditas unggulan yang dihasilkan IKM di Kota Kediri pada dasarnya telah memenuhi kriteria dasar di atas sehingga memiliki peluang yang cukup besar dan kompetitif untuk menarik minat konsumen baik di tingkat lokal, regional dan nasional. Namun, masyarakat umum terutama di luar daerah belum banyak mengetahui jenis-jenis komoditas unggulan yang belakangan semakin tumbuh dan berkembang.

          Sebelumnya telah disebutkan bahwa sebagian besar unit usaha IKM di Kota Kediri bergerak dalam produksi makanan dan pengolahan hasil pertanian. Hal ini dikarenakan wilayah-wilayah penyangga (greater area) di sekitar Kota Kediri, seperti Kediri Kabupaten, Nganjuk, Tulungagung dan Blitar, merupakan penghasil berbagai komoditas pertanian sehingga banyak pihak yang melihatnya sebagai peluang usaha yang prospektif dan kemudian diolah menjadi produk yang memiliki nilai tambah.        

Booklet katalog produk ini merupakan salah satu inisiatif dan upaya Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi Kota Kediri, selaku instansi yang berkenaan langsung dalam pembinaan dan pendampingan IKM, untuk lebih memperkenalkan produk-produk unggulan utama Kota Kediri. Mengingat keterbatasan tempat, kami tidak dapat memuat keseluruhan unit usaha yang menghasilkan jenis komoditas yang sama. Pada beberapa jenis komoditas, hanya disajikan masing-masing satu unit usaha yang dapat dijadikan sebagai referensi awal bagi masyarakat dan pihak-pihak lain untuk mengenal lebih dalam masing-masing komoditas. Adapun data yang lebih lengkap tersedia secara memadai pada Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi Kota Kediri yang beralamat yang beralamatkan di Jl. Penanggungan No.7 Kediri.

Dengan diterbitkannya katalog sederhana ini, diharapkan akan memberikan tambahan wawasan bagi masyarakat umum akan produk-produk unggulan kreasi para pelaku IKM Kota Kediri. Seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran para pelaku IKM tentang pentingnya mutu produk dan kepuasan pelanggan (customer satisfaction), maka sudah selayaknya tidak lagi muncul keragu-raguan terhadap kualitas dan kemampuan produk-produk IKM untuk bersaing di tataran lokal, regional dan nasional.

 

          Produk-produk Unggulan Kota Kediri yang menjadi fokus pembahasan pada booklet ini berjumlah 10 macam sebagai berikut :

  1. Kerajinan Tenun Ikat Bandarkidul
  2. Kerajinan Anyaman Bambu
  3. Kerajinan Kaca Hias (Grafir)
  4. Kerajinan Sulak Bulu Ayam
  5. Kerajinan Gerabah Kriya

 

  1. Industri Tahu
  2. Industri Getuk Pisang
  3. Industri Keripik Singkong
  4. Industri Sepatu Kulit
  5. Industri Kayu Lapis

 

Mari kita cintai produk-produk Indonesia !