logo.png

Terapkan PPDB SD Sistem Online


Terapkan PPDB SD Sistem Online

 

 

 

 

SURABAYAPAGI.com, Kediri - Jelang penerimaan siswa baru tahun ini, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Pendidikan Kota Kediri kembali meluncurkan program baru. Kali ini dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di jenjang Sekolah Dasar (SD) Disdik Kota Kediri bakal menggunakan sistem online. 

Sebelumnya, PPBD dengan sistem online hanya berjalan pada jenjang SMA/SMK. Namun, karena saat ini SMA/SMK sudah diambil alih Provinsi, maka PPDB sistem online mendatang diterapkan untuk jenjang sekolah dasar. 

Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Cevy Ning Suyuti mengatakan, dalam penerapan PPDB online untuk jenjang SD pihaknya masih menggodok aturan petunjuk teknis (juknis) hingga softwarenya. "Ini terobosan baru kita, mungkin untuk PPDB di jenjang SD dengan sistem online baru pertama kali hanya ada di Kota Kediri," ujarnya, Rabu (19/4/2017). 

Menurut dia, dalam penerapan PPDB untuk SD ini akan ada beberapa kriteria yang harus dilakukan. Salah satunya usia pendaftar yang tidak bisa disiasati. Bahkan, siswa juga dipastikan hanya bisa mendaftar sesuai domisili. "Dengan sistem online ini untuk siswa yang masih belum cukup umurnya untuk masuk SD tetap tidak bisa. Sebab biasanya ada orang tua yang nekat mendaftarkan anaknya yang masih berumur 7 tahun kurang. Bahkan, siswa hanya diperbolehkan mendaftar di sekolah yang sesuai domisili dengan kriteria jarak," imbuhnya. 

Sementara itu, dari jumlah 114 sekolah dasar di Kota Kediri, nanti yang membuka pendaftaran PPDB online hanya beberapa sekolah saja. "Kemungkinan nanti tidak semua membuka pendaftaran, jadi hanya beberapa sekolah yang ditunjuk saja. Namun, kendati demikian siswa tetap bisa mendaftar ke semua sekolah. Dan yang perlu diingat PPDB ini tidak dipungut biaya," tuturnya. 


Sumber : surabayapagi.com